LPMP Selenggarakan Diseminasi SPMI

Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Universitas Wahid Hasyim menyelenggarakan Diseminasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di Auditorium Kampus 2 Kalipancur Semarang, Kamis kemarin (14/03).

Kegiatan ini merupakan bentuk sosialisasi SPMI Universitas dalam penguatan tradisi mutu dan peningkatan mutu Unwahas. Sebelumnya telah dilakukan revisi dan perbaikan-perbaikan atas dokumen sebagai upaya penyempurnaan dokumen SPMI menyesuaikan dengan SN DIKTI yang meliputi Kebijakan, Manual Mutu, Standar Mutu, dan dilengkapi Formulir.

Harapanya, SPMI dapat segera diimplementasikan di seluruh unit di Unwahas guna mencapai target visi 2025 go internasional.

“Dokumen yang sudah disempurnakan ini harus segera dilaksanakan” terang Rektor Unwahas, Prof. Dr. H. Mahmutarom HR, SH,MH dalam memberikan pengarahan.

Jangan sampai, lanjut Prof. Mahmutarom  dokumen SPMI ini hanya menjadi pajangan di almari dan rak-rak di fakultas dan unit-unit.

SPMI merupakan bagian yang sangat strategis dalam rangka pengelolaan perguruan tinggi di Indonesia, termasuk Unwahas. Inti daripada SPMI adalah keberadaan standar dikti yang berfungsi sebagai tolak ukur untuk menilai mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi. Oleh karenanya, pelaksanaan SPMI di Unwahas harus bekerja sesuai standar yang telah ditetapkan.

Kepada para Pimpinan Fakultas, Ketua Jurusan, Program Studi, Pimpinan Lembaga, Kantor, Pusat, dan para kepala bagian dilingkungan Unwahas, Diseminasi SPMI Unwahas disampaikan oleh Ketua LPMP Unwahas, Rita Dwi Ratnani, ST, M.Eng. Dalam paparanya beliau mengatakan bahwa SPMI harus dilaksanakan oleh seluruh civitas akademika. “Dokumen SPMI yang terbaru tidak lagi menggunakan siklus PDCA” jelas, Ketua LPMP.

Namun sekarang, lanjut Rita Dwi, SPMI dilakukan dengan menggunakan siklus PPEPP yaitu Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Peningkatan.

Pentingnya SPMI ini adalah sebagai acuan pejabat struktural, dosen, tenaga kependidikan, dan seluruh civitas akademika dalam melaksanakaan SPMI sesuai dengan tugas dan wewenang masing-masing. Selain itu, SPMI juga sebagai petunjuk, kriteria, standard an tujuan perguruan tinggi yang sudah ditetapkan.

Post Author: 4dminaswaja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *