LPMP Percepat Hadapi APS 4.0

Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Universitas Wahid Hasyim selenggarakan Sosialisasi Akreditasi 9 Kriteria bagi dosen dan tenaga kependidikan di Gedung D Kampus I Sampangan (25/4).

Kegiatan dibuka oleh Wakil Rektor bidang Akademik, Dr. H. Mudzakkir Ali, MA. Dalam sambutannya beliau menyampaikan pentingnya para kajur atau kaprodi untuk segera belajar tentang standar baru yang telah ditetapkan oleh BAN-PT.

“kita harus segera belajar tentang instrument APS 4.0”. tegas Dr. H. Mudzakkir Ali.

Karena, lanjut Dr. Mudzakkir, instrument APS 4.0 terdapat 9 standar, berbeda dengan yang sebelumnya yang menggunakan 7 standar, sehingga para kajur atau kaprodi, setelah sosialisasi ini segera menyiapkan apa yang menjadi kebutuhan instrument terbaru.

Sebelumnya LPMP Unwahas baru saja selesai mendampingi 9 program studi dalam proses usulan reakreditasi PS menggunakan 7 standar melalui SAPTO, karena batas akhir pengusulan yaitu akhir April bulan lalu. Sehingga LPMP harus bergerak cepat untuk mempersiapkan proses APS yang akan habis pada tahun depan.

Dalam sosialisasi, LPMP menghadirkan narasumber dari Undip, yaitu Dr. nat. Techn. Siswo Sumardiono, ST, MT,. beliau merupakan dosen teknik kimia Undip.

Dalam pembahasannya beliau menyampaikan bahwa, APS 4.0 merujuk pada peraturan BAN-PT No. 2 tahun 2019 tentang penyusunan LKPS dan LED, sehingga bentuk usulan akreditasi berbentuk laporan kinerja program studi dan laporan evaluasi diri.

“jadi sangat berbeda sekali (instrument) APS 4.0 ini dengan yang sebelumnya.” Jelas Dr. Siswo.

Ada beberapa, lanjut Dr. Siswo, yang penting dan digaris bawahi dari APS 4.0 ini yaitu:

  • Usulan APS sesuai dengan statute dan SOTK/OTK PT;
  • VMTS unit Pengelola PS sesuai dengan VMTS PT, yang memiliki Scientific Vision (visi keilmuan) program studi;
  • LED focus pada pengembangan PS yang akan diakreditasi (LED Unik);
  • Kriteria pendidikan, luaran dan capaian merupakan kekuatan PS (sesuai program);
  • Luaran tridharma perguruan tinggi mampu menunjukan reputasi PT.

Post Author: 4dminaswaja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *