Rektor Unwahas: Tantangan Perguruan Tinggi dalam Menstandarkan Dosen

Fasilitator AA, Prof. Sunandar (sebelah kiri), Rektor Unwahas, Prof. Mahmutarom, Sekretaris LLDikti6, Amtsar Arifin, dan Ka.Bag.Kelembagaan dan Sistem Informasi LL Dikti 6, Ngadiyanto (ujung kanan)

Rektor Universitas Wahid Hasyim (Unwahas), Prof.Dr. H.Mahmutarom HR, SH., MH. Sambut para peserta Lokakarya Applied Approach (AA) dikampus Unwahas Semarang, Senin kemarin (5/8).

Kegiatan yang diselenggarakan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Unwahas ini bekerjasama dengan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLdikti) Wilayah VI Jawa Tengah yang berlangsung di Gedung B lt. 3 Unwahas Kampus Menoreh dilaksanakan selama 4 hari, mulai Senin hingga Kamis depan.

Lokakarya Applied Approach merupakan pelatihan bagi dosen guna dalam meningkatkan profesionalisme dosen, kompetensi pedagogik dan sosial sebagai ikhtiar dalam meningkatkan kualitas mutu pendidikan serta citra pendidikan tinggi.

“Tantangan bagi perguruan tinggi adalah menstandarkan dosen sesuai dengan bidang keahlian dan menjaga kearifan lokal” tutur Prof. Mahmutarom saat memberikan sambutan.

Oleh karenanya, lanjut Prof. Mahmutarom, perguruan tinggi khususnya Unwahas harus mau dan menyiapkan dosen-dosen untuk ditingkatkan kompetensinya agar lebih kreatif, inovatif, dan mampu memberikan point positif untuk pengembangan keilmuan dan tentunya citra perguruan tinggi.

“Terima kasih kepada LLdikti 6 Jawa Tengah berkenan bekerjasama dengan Unwahas, karena Lokakarya ini sangat membawa manfaat tidak hanya untuk dosen, tetapi untuk peserta didik dan perguruan tinggi, sehingga dosen memahami akan profesinya. Dan semoga setelah kegiatan ini betul-betul menjadi dosen yang profesional” pungkasnya.

Lokakarya Applied Approach (AA) Unwahas merupakan kegiatan lanjutan setelah Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) yang sebelumya telah diselenggarakan LPMP Unwahas tahun 2018 lalu. Dan Lokakarya untuk AA ini juga tidak hanya diikuti oleh dosen Unwahas saja, namun juga diikuti oleh dosen dari perguruan tinggi lain di Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Yogyakarta.

Kegiatan yang dihadiri oleh Wakil Rektor I, Dr. H. Mudzakkir Ali, MA., Wakil Rektor III, Dr. H. Andi Purwono, S.IP.,M.Si, dan para Dekan Fakultas dan para Ketua lembaga/Pusat di lingkungan Unwahas dibuka oleh LLDikti Wil. 6 Jawa Tengah yang di wakili oleh Sekretaris LLDikti, Amtsar Arifin, SH., MM.

Dalam sambutannya beliau memberikan pesan kepada peserta lokakarya bahwa sebagai dosen harus memahami profesinya, maka dari itu tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan dan mengembangkan kompetensi pedagogik dan keterampilan mengajar yang mana dosen adalah tenaga pengajar.

“Kegiatan lokakarya ini tidak lain untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan keterampilan mengajar” terang Amtsar Arifin disela-sela membuka kegiatan.

Sehingga, lanjut Amtsar Arifin, dengan kegiatan ini setiap dosen memahami tugasnya dari tridharma perguruan tinggi yang pertama, yaitu pendidikan. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi hingga inovasi dan peningkatan pembelajaran.

“Semoga bapak ibu nanti di akhir lokakarya AA Unwahas ini bisa 100% lulus” pungkasnya.

Post Author: 4dminaswaja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *