Kepuasan Layanan, salah satu Indikator PT Unggul

Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) melalui Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) gelar Workshop Standar Mutu Layanan Pendidikan Tinggi di Kampus Unwahas Menoreh dari Senin kemarin (19/8).

Workshop yang di ikuti oleh Pejabat Struktural Administrasi, terdiri dari para pimpinan lembaga, pusat,UPT kepala biro, kepala bagian, dan kepala sub bagian di lingkungan Unwahas akan berlangsung selama 2 hari, mulai hari Senin hingga selasa, 19 – 20 Agustus 2019.

Workshop Standar Mutu Layanan merupakan bagian tak terpisahkan dalam mengelola pendidikan tinggi. Karena standar layanan salah satu tonggak untuk meraih unggul bagi setiap pengelola perguruan tinggi. Sebagaimana yang disampaikan oleh Wakil Rektor bidang akademik, Dr. H. Mudzakkir Ali, MA dalam membuka kegiatan tersebut.

“Salah satu indikator perguruan tinggi unggul itu pelayanannya melebihi standar” tegas Dr. Mudzakkir.

Oleh karena itu, lanjut Dr. Mudzakkir, kegiatan ini diselenggarakan untuk mencapai harapan kita semua yaitu agar supaya Unwahas bisa segera mendapat predikat unggul.

Ketua LPMP Unwahas, Rita Dwi Ratnani, ST.,M.Eng membenarkan apa yang disampaikan Dr. Mudzakkir bahwa tujuan dari workshop tidak lain membekali pimpinan unit atau bagian agar mampu mengatur stafnya dalam memberikan pelayanan kepada customer.

“Kita perlu sedikit berlari, untuk mengejar ketertinggalan” jelas Rita Dwi disela-sela menyampaikan laporan panitia pelaksana.

Kalau kita mau dapat predikat unggul, kita harus berbenah untuk meningkatkan mutu dan salah satu hal indikatornya adalah kepuasan pelanggan atau customer. Oleh karenanya standar mutu layanan segera dapat di implementasikan dalam bentuk POB/SOP disemua lini, imbuh Rita Dwi R.

Dalam workshop ini, LPMP menghadirkan narasumber yang pertama, Wakil Dekan Universitas Negeri Semarang (UNNES), Dr.Hendi Pratama, MA., kemudian Wakil Rektor Bidang Umum, Perencanaan dan Keuangan IAIN Kudus, Dr. Noor Hadi, SE., M.Si., Akt., kemudian dari Pengurus Yayasan Bidang SDM, Drs. Satrian Abd.Rahman, MH., dan Ir. Tabah Priangkoso, MT, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan.

Beberapa materi penting yang disampaikan diantaranya yaitu Etika Pelayanan dan Kinerja, Kebijakan Universitas bidang SDM, Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi), Evaluasi Diri, dan Penyusunan Prosedure Operasional Baku (POB).

Post Author: 4dminaswaja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *