Sosialisasi dan Pendampingan APS 4.0

Foto: Prof. Mudzakkir Ali, WR Akademik (dari kiri), Prof. Mahmutarom, Rrektor Unwahas, dan Dr. Andi Purwono,WR Kemahasiswaan

“Kebijakan Kampus Merdeka yang di luncurkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mas Menteri Nadhiem Makarim baru-baru ini masih multi tafsir” terang Rektor Universitas Wahid Hasyim (Unwahas), Prof.  Dr. H. Mahmutarom HR, SH., MH., saat memberikan pengarahan dalam kegiatan Sosialisasi dan Pendampingan APS 4.0, Rabu (19/2).

beliau menjelaskan bahwa, apabila kebijakan tersebut salah tafsir dalam memaknainya, memungkinkan banyak PTS-PTS kecil yang gulung tikar, karena PTN-PTN merdeka untuk membuka program studi baru dan menerima mahasiswa sebanyak-banyaknya. imbuh Prof. Mahmutarom, Guru Besar bidang ilmu hukum.

Kegiatan yang dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. H. Mudzakkir Ali,MA., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. H. Andi Purwono, S.IP., M.Si, para pimpinan Program Pascasarjana, fakultas, dan pimpinan program studi yang ada di Unwahas, ada rangkaian kegiatan lanjutan yaitu pendampingan penyusunan Akreditasi Program Studi (APS) 4.0. yang akan dilaksanakan bulan depan.

Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Unwahas, Rita Dwi Ratnani, ST., M.Eng., menjelaskan bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan 2 tahap, tahap I sosialisi dan tahap II adalah penyusunan APS 4.0.

“kami mohon kerja sama bapak ibu pimpinan, setelah sosialisasi diharapkan bapak ibu siap untuk di karantina untuk penyusunan APS 4.0” terang Rita D. Ratnani, yang sedang menyelesaikan program doktor ilmu lingkungan tersebut.

Kami, lanjut Rita D. Ratnani, akan menghadirkan pakar dari LPTNU Pusat untuk membimbing bapak ibu semuanya dalam penyusuna APS 4.0, dan isnyaAllah, beliaunya sudah siap untuk datang dan membantu Unwahas.

Kegiatan yang dilaksanakan di kampus Menoreh tersebut mendapat apresiasi dari para pimpinan fakultas dan program studi, pasalnya APS 4.0 adalah instrument akreditasi yang harus segera dipelajari meskipun saat ini Unwahas sedang mengusulkan reakreditasi 10 prodi dengan instrument lama.

Harapan dari pimpinan Unwahas bahwa peringkat perguruan tinggi harus segera meningkat, oleh karena basicnya adalah peringkat akreditasi prodi harus meningkat, dan semoga kegiatan ini berjalan sesuai dengan rencana dan target.

Materi Sosialisasi Akreditasi Program Studi 4.0 (9 kriteria) DOWNLOAD

Post Author: 4dminaswaja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *