Kampus Unggul itu based on data and regulations

“Menyusun Instrumen Akreditasi 4.0 atau 9 kriteria itu harus based on data and regulations” terang Prof. Dr. H. Akhmad Mujahidin, M.Ag, Rektor UIN Sunan Syarif Kasim Riau, saat menyampaikan materi Workshop Penyusunan Instrumen Akreditasi 4.0, Sabtu (7/3).

Jadi, menyusun instrumen terbaru BAN-PT sekarang tidak seperti menyusun borang sebelumnya, yang sekarang adalah membuat LKPS format excel dan Word dan LED dalam format word, jika semua dikerjakan sesuai dengan data dan regulasi atau peraturan yang ada, predikat  unggul  dipastikan bisa diraih, lanjutnya.

Menyusun instrumen akreditasi program studi maupun institusi merupakan bentuk tanggungjawab institusi sebagai dasar kepercayaan masyarakat terhadap kualitas pendidikan perguruan tinggi. Menurutnya jika ingin sukses dalam mengerjakan IAPS 4.0 ada 3 kunci yang harus dipegang dan dilaksanakan.

“3 kunci harus dipegang, 1) tahu tugas dan fungsi; 2) tahu diri (posisi/kedudukan); dan 3) tahu illahi (takut Allah)” tegas Prof. Mujahidin yang juga pengurus LPTNU Pusat itu.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Unwahas melalui Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) merupakan kegiatan lanjutan dari kegiatan sebelumnya, menurut ketua LPMP Unwahas, Rita Dwi Ratnani, ST., M.Eng bahwa sosialisasi Instrumen Akreditasi 3.0 dan 4.0 yang telah diselenggarakan Kamis lalu (19/2), adalah bentuk rangsangan kepada pimpinan fakultas dan prodi yang akan habis masa berlaku akreditasi dan masih pada posisi peringkat cukup baik, agar segera mengajukan ke tingkat baik dan kalau bisa memperoleh predikat unggul.

“ini komitmen kami di LPMP, yang dipercaya oleh rektor untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Unwahas” tutur Rita Dwi yang juga Auditor Halal LPPOM MUI Jawa Tengah.

Beberapa point penting sudah dan sedang dikerjakan, dan tahun ini target selesai, melalui workshop tersebut,  target beberapa program studi di Unwahas  untuk memperoleh predikat unggul tahun ini, sehingga Visi Unwahas untuk mencapai unggul dapat diraih, harapnya.

Kegiatan yang di buka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. H. Andi Purwono, S.IP., M.Si, diikuti oleh para Dekan Fakultas, Ketua Program Studi, Ketua Lembaga, Kepala Pusat, UPT dan Bagian serta Kepala TU dan Staf administrasi di lingkungan Unwahas.

Post Author: 4dminaswaja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *