Unwahas Dorong Pendirian Lembaga Sertifikasi Profesi

Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) menyelenggarakan Sosialisasi Persiapan Pendirian Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), Sabtu 15 Januari 2022.

“Unwahas sudah memasuki tahun ke lima untuk mencapai Visi Unggul.” tegas Rektor Unwahas, Prof. Mudzakkir Ali, M.A. dalam sambutan.

Prof. Mudzakkir Ali yang juga Ketua LPTNU Jawa Tengah menjelaskan bahwa Unwahas sudah berada di milestone ke lilma ini yang menatarget Visi Unwahas harus mencapai Unggul, yaitu menjadi Universitas yang unggul dalam mentransformasikan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni berlandaskan nilai-nilai Islam Ahlussunnah wal Jama’ah, dimana unggul tidak hanya secara akademik, tetapi skil, peran serta di masyarakat, dan karakter ini harus dimiliki oleh Alumni atau lulusan Unwahas, oleh karenanya penting sertifikasi untuk membekali para lulusan sebagai pendamping ijasah.

Turut hadir dalam acara tersebut, Dr. Andi Purwono, SIP., MSi, (WR I), Khanifa, SE., MSi., Akt., CA. (WR II), Dr. Nur Cholid, M.Ag., M.Pd. (WR III), Dr. Helmy Purwanto, ST., MT. (WR IV), Para Dekan, Para Kaprodi Program Sarjana (S1) serta Dr. Muhammad Takhim (Ketua LPMP) dan Para Kepala Pusat LPMP.

Disampaikan langsung dalam sosialisasi LSP oleh Wakil Ketua BNSP, Miftakul Azis, M.H. bahwa LSP semakin urgent dalam konteks pertama, bunus demografi yang ditandai dengan ledakan populasi usia produktif (15-64 tahun). Kedua Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang meruapakan upaya negara-negara dikawasan ini untuk membangun konektivitas ekonomi dan Ketiga, Industri 4.0 yang menuntut meningkatnya kecepatan dinamika industri berbasis digital.

 “problem Covid-19 menjadi tantangan tersendiri yang harus dihadapi” tegas Miftakul Azis.

Di satu sisi pandemi menahan gerak ekonomi namun di sisi lain justeru membuka ruang-ruang baru bagi pembangunan ekonomi. Sejumlah konteks tersebut menutut lembaga pendidikan, termasuk Unwahas agar mampu meningkatkan pelayanannya. Diharapkan Pendirian Lembaga Sertifikasi Profesi dapat menjadi jawaban bagi aneka tantangan tersebut, Imbuhnya.

Ketua LPMP, Dr. Muhammad Takhim, S.E., M.S.I, menuturkan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk mempersiapkan Pendirian LSP di lingkungan Unwahas, sehingga efektifitas dan produktifitas lulusan Unwahas dalam kesesuaian bidang kerja sesuai dengan kompetensi prodi.

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *